Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Tugas UPKS

Friday, February 14, 2014


Setelah beberapa minggu saya mempelajari tentang php dan mysql langkah awal untuk menghasilkan sebuah karya yang membanggakan(kata kata dewa haha) tepatnya pada ujian praktek kejuruan sekolah atau UPKS atau apalah itu, pokoknya pada waktu ujian entu saya dan teman teman seperjuangan di beri misi yang luar biasa, sangat sangat luar biasa, misinya adalah menyelamatkan bangsa indonesia dari masalah korupsi, haha ya engaklah... yang bener kita thu di tugasin membuat aplikasi perpustakaan berbasis web, ini memang hal yang baru dan langka saking langkanya, sampe sampe nunggu 17 tahun agar bisa dapet tugas kaya gini, kembali ke topik, tapi topiknya apa ya??? aaaaasssttt. gak usah di pikir lanjut ngetik aja hehe,, Kali ini saya meu posting hasil kerja keras saya membuat sebuah aplikasi perpustakaan berbasis web, karena eh karena saya baru aja selesai UPKS, berkat doa dan motivasi dari temen", keluarga, gebetan dan lain-lain lah, berkat mereka semua dan pertolongan ALLAH SWT saya bisa menyelesaikan tugas ini, walaupun hasilnya masih banyak kekurangan tapi ini buat koreksi di masa depan agar jadi yang lebih baik, emang sih baru tugas sekolah bukan Nasiaonal, tapi ini udah buat saya merasa bangga tapi tak sombong, ternyata manusia seperti saya bisa juga buat aplikasi, semua orang pasti juga bisa kok asal ada kemauan, usaha serta doa. pasti nanti akan menemukan hasilnya.

Oke kita bahas Aplikasi Perpustakaan Ini, Aplikasi ini saya buat se-simple mungkin, Ada beberapa halaman diantaranya halaman utama atau home, halaman data buku yang berisikan buku-buku yang saya post, halaman kategori, penerbit, peminjam, peminjaman, akun peminjam, akun admin dll. Dalam aplikasi ini saya buat dua type login yaitu login admin dan peminjam dimana pada login admin, anda sebagai admin bisa menambah, mengedit, menghapus data dll. dan pada login peminjaman anda sebagai peminjam bisa meminjam buku yang nantinya akan di konfirmasi terlebih dahulu oleh admin, maksimal jangka waktu peminjaman adalah 3 hari dan apabila anda terlambat mengembalikan buku akan dikenakan denda 1000 perhari nya, pada saat meminjam buku anda hanya di perbolehkan untuk meminjam maksimal 3 buku sebelum buku yang lain di kembalikan. pada proses pembuatan saya menggunakan aplikasi Sublime Text dengan koding sendiri, jadi mohon dimaklumi kalau banyak kesalahan, bahasa pemrograman yang saya gunakan antara lain PHP, HTML, dan CSS.
Ini dia screenshot nya :
halaman Awal
 halaman Login
Halaman Akun Yang sedang Login
Halaman Kategori


halaman Peminjam
Halaman Lihat Buku
Halaman Pinjam Buku
Halaman Peminjaman
Bagi siapa saja yang ingin memiliki aplikasi ini silahkan download di bawah ini, sudah saya kasi database nya. buat yang belum tau caranya pake :
1. Ekstrak datanya dulu kemudian Copykan ke Xampp/htdocs/(disini).
2. Lalu buka browser, pada addres bar ketikan "localhost/phpmyadmin/" tanpa petik tapi sebelumnya anda harus mengaktifkan webserver terlebih dahulu, saya biasanya menggunakan XAMPP.
3. kalo udah bisa buka, anda buat database baru dengan nama "perpustakaan" lalu import-kan perpustakaan.sql yang ada di folder db ke database perpustakaan yang anda buat tadi.
4. kalo udah bisa tinggal jalankan aja di browser anda dengan mengetikan alamat "localhost/perpustakaan/" dan taraaaaa perpustakaan muncul.
5. untuk melakukan transaksi, penambahan harus login dulu ya ....

Demo demoperpus.esy.es baca dulu demoperpus.esy.es/?page=bantuan
Download DISINI Sudah Di Update, alias bisa di download


Karena ini saya bagikan untuk proses belajar mohon digunakan dengan bijak ya, kalau masih ada kerusakan silahkan kontak saya, saya bantu selagi mampu :D
selamat belajar

52 comments:

  1. Super sekali zun, bakat desain asline de zun apik iki e dari pada ijo hehe

    siip lanjutkan tunggu postingan wek ku ya :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Filenya tidak bisa didownload ya gan? sudah tidak ada di 4sharedya.

    ReplyDelete
  4. mas Ridwanosx : iya mas udah kehapus kalo ada kesempatan aku upload lagi.. maaf ya mas

    ReplyDelete
  5. Upload lagi dong mas filenya :)

    ReplyDelete
  6. Filenya sudah hilang...mau donk Filenya...kirim ke azein1986@gmail.com yah... thanks

    ReplyDelete
  7. Tolong mas filenya kirim ke santosoedy83@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Tolong mas filenya kirim ke santosoedy83@gmail.com

    ReplyDelete
  9. kirim dong ke siswanto.hadi13@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. filenya korup gan, kirim ke riskyfahmi94@gmail.com dong gan
    thanks atas kirimaannya gan entar ada timbal baliknya dari ane :v

    ReplyDelete
  11. mas filenya sudah terhapus tolong kirimkan ke email saya
    hermansyahskom@gmail.com
    makasi mas

    ReplyDelete
  12. please post lagi ya filenya .
    untuk bahan referensi .
    thank you .
    kalau bisa kirim by email aja ya novitapurwaningsih@gmail.com

    ReplyDelete
  13. kirim mas
    badboy.warior@ymail.com

    ReplyDelete
  14. mas filenya udah tidak ada... pos ulang ya..

    ReplyDelete
  15. password file rar.nya apa mas
    tlg kirim ya edogawaedy@gmail.com
    trimakasih sebelumnya...
    salam progrmer.. :)

    ReplyDelete
  16. mas downloadnya bgaimana ya,, kok gak bisa ??
    bisa krim ke email saya aja gak mas,,
    rahmawatiae@gamail.com

    mksih mas sblmnya

    ReplyDelete
  17. mas downloadnya bgaimana ya,, kok gak bisa ??
    bisa krim ke email saya aja gak mas,,
    rahmawatiae@gamail.com

    mksih mas sblmnya

    ReplyDelete
  18. Maaf ya, ngak bisa kirim email, gak punya backup.annya.

    ReplyDelete
  19. syukran ilmunya, kirim passkey rar nya ya mass.. syukran
    kirim ke email shizuko.zein@gmail.com

    syukran..

    ReplyDelete
  20. PASSWORDNYA 'inzoentachmad.blogspot.com' kalo ngak bisa komen ya

    ReplyDelete
  21. bro, xampp.a pake versi brapa??

    ReplyDelete
  22. mas, kok error ya sesusdah diextract

    ReplyDelete
  23. mas,kok menu nya tidak tampil ya,error di pemanggilan menu.mohon bantuannya .terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilihat errornya file apa, baris keberapa, trus di teliti lagi

      Delete
  24. mas itu kira2 codingannya ada yg belum selesai atau gimana ya?.errornya di file menu baris ke 49,54,59,64,69,dan 73.

    ReplyDelete
  25. gan kok waktu admin mengklik untuk konfirmasi gabisa dan terjadi eror dWarning: gregoriantojd() expects parameter 3 to be long, string given in /home/u865484759/public_html/peminjaman.php on line 59
    apanya ya yg eror tolong dibantu

    ReplyDelete
  26. help mas yang question punya Syafii Achmad , soalnya di saya error nya juga sama mas . help me brother :)

    ReplyDelete
  27. mas saya ada error, judul buku di menu peminjaman tidak muncul dan tombol aksi konfirmasi peminjaman tidak berfungsi errornya seperti ini : Warning: gregoriantojd() expects parameter 3 to be long, string given in /home/u865484759/public_html/peminjaman.php on line 59

    ReplyDelete
  28. gan saya kan download simpus nya agan tp ada errornya mohon bantuannya...
    untuk pinjam pertama sih muncul judul buku yg di pinjam si A di menu peminjaman dan tombol konfirmasi untuk si A juga berfungsi, TP... untuk pinjam ke 2 misal si B pinjam, judul buku yg dipinjam si B tidak tampil di menu peminjaman otomatis tombol konfirmasi untuk si B tidak berfungsi, dst ke 3 ke 4 5 juga tidak

    errornya sepert ini : Warning: gregoriantojd() expects parameter 3 to be long, string given in /home/u865484759/public_html/peminjaman.php on line 59

    terima kasih

    ReplyDelete
  29. Boleh tau cara buatnya dari awal gimana ?

    ReplyDelete
  30. mas paswword buat winrar ya apa k

    ReplyDelete
  31. gan password winrar ya apaan ?
    tolong dong share penting buat bahan pelajaran

    ReplyDelete
  32. sangat membantu ijin download gan thx

    ReplyDelete
  33. mas password untuk rar nya apa ? buat bahan referensi belajar.
    bisa kirim di email saya noormaulida422@gmail.com, makasih

    ReplyDelete
  34. Kalau kirim lewat email maaf mas ngak bisa

    ReplyDelete
  35. oh udah ada deh, makasih mas faizun

    ReplyDelete