Tips Belajar Desain Grafis Otodidak

Tuesday, June 14, 2016
Saat ini banyak sekali orang-orang awam yang mencoba belajar desain,  dia datang dari berbabai latar belakang, ya, karena belajar desain itu  sangat menyenangkan, tapi tidak sedikit pula yang kesulitan untuk  memulai(termasuk saya). Dari pengalaman saya untuk memulai belajar secara otodidak sebenarnya tidaklah sulit asalkan kita punya niat dari diri sendiri. Nah, pada tulisan kali ini saya akan membagikan tips kepada anda yang masih kesulitan untuk memulai belajar desain grafis.

7 Tips Belajar Desain Grafis Otodidak

1. Kuatkan Niat

Ini menjadi hal yang wajib saat belajar dibidang apapun, dengan niat yang kuat tentunya akan lebih memudahkan kamu saat belajar.

2. Mulai dari yang kamu suka

Saat  kamu ingin belajar desain grafis, pasti ada alasannya, apakah kamu suka  setelah melihat karya orang lain? atau karena dorongan dari orang lain?
Dari berbagai alasan saya harap kamu bukan di posisi yang kedua, Kamu  pastinya tau kan ya, banyak jenis-jenis karya desain yang ada sekarang,  kamu harus cari tau dulu apa yang kamu suka? apakah desain web? vector  portrait? logo? atau yang lain?.

3. Contek Desainer Lain

Setelah  tau apa yang kamu suka, mulailah dengan "Mencontek" orang lain,  mencotek disini bukan mencontek karyanya ya, tapi tirulah gaya mereka  membuat karya.
Sebagai contoh bapak Wedha Abdul Rosyid, Beliau  membuat karya yang beliau sebut 'WPAP (Wedha Pop Art Portait)' yang  sampai saat ini banyak di gemari desainer muda (saya juga masih muda).  Kamu bisa mencontek cara Pak Wedha membuat WPAP bukan berarti menggangap  sebagai penemu WPAP.

4. Mulai Dengan Satu Software

Ini  menjadi masalah terbesar saya saat memulai belajar, karena saya  termasuk orang yang sedikit sombong, saat itu saya langsung belajar 3  software (AI, Photoshop dan CorelDraw) dan hasilnya Nol besar, saya  malah jadi kebingungan ketika mencoba membuat vector potrait pertama  saya.
Dari pengalaman saya tersebut, bisa kita pahami bahwa belajar dengan satu software akan lebih efektif.

5. Ikuti Forum atau Grup

Hal  yang juga tidak kalah penting adalah komunitas, dengan bergabung dengan  grup yang mempunyai minat sama, akan lebih meningkatkan semangat kamu  saat belajar dan tentunya memudahkan kamu ketika terjebak dalam  masalah.Dari forum juga, kamu bisa mendapatkan cerita-cerita pengalaman  para senior yang menurut saya sangat berharga dan pantas untuk di  pelajari.

6. Nikmati Proses Belajar

Banyak  orang yang suka dengan hal bersifat instan, pengennya cepet bisa, cepet  jadi master. Menurut saya ini penyakit yang harus di hilangkan saat  kamu memilih menjadi desainer grafis.
Ilmu desain itu terus  berkembang, bukan ilmu pasti seperti matematika yang 3 + 7 hasilnya  sembilan, dalam desain grafis setiap tahun pasti ada gaya baru seperti  yang kita tau saat ini gaya Flat sangat populer, padahal dulu belum ada.
Maka dari itu kamu nikmati dulu proses belajar kamu sampai kamu benar-benar bisa, baru mencoba gaya yang lain.

7. Berdo'a

Rasanya aneh kalau kita sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi merasa seperi jalan di tempat atau cepat lupa. Mungkin kamu jauh dari Allah, Sehingga Allah tidak ridho kamu belajar terlalu serius namun lupa sama Allah.
Sambil belajar jangan lupa berdo'a, jadilah designer yang bisa mewarnai akhiratnya.
Mungkin  itu yang bisa saya bagi tentang tips belajar desain grafis secara  otodidak, tips di atas bukan ilmu pasti karena kita semua tau, satu  orang bisa menuju masjid hanya dengan 10 langkah tapi orang lain butuh  ratusan langkah untuk sampai di masjid yang sama. Intinya terus  berusaha, berdo'a dan jangan malu bertanya.

Kesimpulan

Dengan  memulai dengan gaya desain yang kamu suka, kamu bisa lebih mudah  belajar karena kamu sudah punya tujuan apa yang ingin kamu buat, jangan  sampai berhenti kalau belum bisa, kunci dari desainer hebat adalah  selalu mengupgrade ilmu, terus belajar dengan niat yang kuat. Mungkin  tulisan saya terlalu banyak omong kosong, semoga kamu bisa mengambil  sedikit ilmu diatas, kamu punya cara lain saat belajar desain grafis?  silahkan tulis di komentar, semoga bisa jadi desainer hebat ya :D

No comments:

Post a Comment